Pj Agus Fatoni Langsung Tinjau Venue PON XXI 2024 di Sumut, Pastikan Kesiapan dan Anggaran Terpenuhi

Pj Agus Fatoni Langsung Tinjau Venue PON XXI 2024 di Sumut, Pastikan Kesiapan dan Anggaran Terpenuhi

Jumat, 28 Juni 2024,
Foto : Pj Agus Fatoni Tinjau Venue PON XXI 2024 di Sumut, Pastikan Kesiapan dan Anggaran Terpenuhi


Medan| BGlobal : Setibanya di Sumatera Utara, Penjabat (Pj) Gubernur Agus Fatoni langsung turun ke lapangan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumut untuk meninjau venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Kegiatan peninjauan ini berlangsung di Sport Centre Desa Sena, Deli Serdang, pada Rabu (26/6/2024).


Kunjungan ini menjadi salah satu bentuk komitmen nyata Fatoni dalam memastikan kesiapan PON XXI 2024. "Dari Jakarta langsung landing di Sumut, kemudian langsung meninjau venue PON di Sport Centre. Ini salah satu tugas saya, memastikan PON di Sumut berjalan baik," ujar Fatoni.


Fatoni menyatakan bahwa sarana dan prasarana di lokasi sudah berjalan dengan baik dan memastikan bahwa venue PON XXI akan selesai pada akhir Juli. Ia juga menjamin bahwa anggaran pelaksanaan PON XXI 2024 di Sumut mencukupi, dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,62 triliun pada tahun anggaran 2023 dan 2024. Namun, jika diperlukan, pihaknya siap menyiapkan tambahan dana.


"Apabila dibutuhkan nanti masih bisa ditambahkan lagi untuk kelengkapan yang lain tanpa menunggu P-APBN, dengan melakukan pergeseran anggaran ini sebagai bentuk komitmen kita bersama memastikan PON di Sumatera Utara berjalan lancar," tegas Fatoni.


Pelaksanaan PON XXI 2024 di Sumut diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp1,99 triliun. Pemprov Sumut telah mengusulkan tambahan APBN senilai Rp375 miliar kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI untuk kebutuhan peralatan pertandingan, perangkat pertandingan, dan seremoni penutupan.


Menurut Fatoni, pelaksanaan PON XXI 2024 merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. "Tugas kita bersama daerah Forkopimda, elemen masyarakat menyukseskan PON Sumut berjalan lancar, demi kehormatan kita sebagai tuan rumah," kata Fatoni.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut, Baharuddin Siagian, menyatakan bahwa Pemprov akan terus berkoordinasi dengan semua pihak. "Ini kita meninjau venue, besok kita akan bertemu Forkopimda untuk berdiskusi, kemudian membahas dengan PB PON dan KONI termasuk KONI Pusat. Bahkan Pak Pj Gubernur selesai dilantik langsung bertemu Menpora, ini bentuk keseriusan kita," ungkap Baharuddin.


Turut mendampingi Pj Gubernur Sumut dalam peninjauan ini, antara lain Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Pangdam I/BB M Hasan, Sekdaprov Sumut Arief S. Trinugroho, serta Pj Ketua TP PKK Sumut Tyas Fatoni dan sejumlah pejabat OPD terkait Pemprov Sumut.


Charles/ BG

TerPopuler