Pelaksanaan Program Ketapang dengan Pemberian Bantuan Pupuk dapat Tingkatkan Perekonomian Warga Desa Tanjung Prapat

Pelaksanaan Program Ketapang dengan Pemberian Bantuan Pupuk dapat Tingkatkan Perekonomian Warga Desa Tanjung Prapat

Jumat, 24 Mei 2024,
Foto : Pemberian pupuk dalam program Ketapang Desa Tanjung Prapat 


Tanjung Prapat | BGlobal : Program Ketahanan Pangan (Ketapang) Desa Tanjung Prapat Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batubara dengan memberikan bantuan Pupuk  kepada warga dan petani, di Aula Desa Tanjung Prapat, Rabu (22/05/2024).


Pelaksanaan program Ketapang sudah dilakukan Kades Tanjung Prapat Aliman Saragih beserta Perangkat Desa yang didampingi Sekretaris Desa Sugiman, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wasis Nirmawan, Pengurus BPD dan Perangkat Desa kepada warga dengan memberikan pupuk cair jenis JK Booster 2 liter setiap warga, Senin (29/04)2024) di Aula Desa Tanjung Prapat.



Pelaksanaan Program Ketapang diberikan kembali oleh Kepala Desa dan Ketua BPD yang didampingi anggota BPD serta disaksikan oleh Perangkat Desa kepada warga masyarakat ekonomi menengah yang membutuhkan pupuk untuk meningkatkan produktivitas ketahanan pangan seperti sayur sayuran dan palawija lainnya sebanyak 150 Kepala Keluarga.



Rabu (22/05/2024) masyarakat Desa Tanjung Prapat menerima kembali bantuan pupuk organik sebanyak 2 karung (5 KG / Karung) setiap warga di Aula Desa dan juga langsung diserahkan  kepada warga dan petani.




Pelaksanaan Program Ketapang menjadi prioritas Pemerintah Desa Tanjung Prapat sesuai peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2023. Pasal 6 ayat (2) Penggunaan Dana Desa untuk program prioritas nasional sesuai kewenangan Desa, yaitu ketahanan pangan nabati dan hewani.



Kepala Desa Aliman Saragih dengan adanya program ketapang ini,  pemerintah desa akan selalu mendengar aspirasi masyarakatnya dalam bidang ketahanan pangan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat di bidang peternakan dan pertanian.



"Kami Pemerintah Desa beserta BPD akan selalu mendengar aspirasi masyarakat Tanjung Prapat dan keluhan dalam bidang ketahanan pangan demi meningkatkan pendapatan warga sehingga dapat memperbaiki perekonomian warga menjadi lebih baik" jelasnya.




"Bantuan Program Ketapang ini sudah kami buktikan dengan adanya salah satu contoh masyarakat yang dapat memperbaiki perekonomiannya atas nama Sukat telah berhasil memproleh penghasilan rata rata perhari 70 ribu rupiah", ucap Aliman Saragih Kades Tanjung Prapat.


Sukat warga yang sudah merasakan manfaat dari program Ketapang, sangat berterima kasih dan mendukung semua program Desa kedepannya.




"Saya merasa terbantu dengan adanya bantuan pupuk program Ketapang Desa, saya bisa menjual sayuran saya setiap hari hingga 70.000 Rupiah, saya akan terus mendukung program desa ini sehingga perekonomian kami masyarakat desa menjadi lebih baik", ucapnya.



Di acara yang sama, Ketua BPD Wasis Nirmawan yang didampingi Wakil Ketua BPD Dedi Irawan beserta pengurus sangat senang melihat antusias warga desa dengan adanya pemberian bantuan pupuk sebagai aplikasi Program Ketapang.





"Pemberian bantuan pupuk cair dan pupuk organik ini semoga akan dapat membantu warga meningkatkan penghasilan pertanian sayur sayuran dan palawija, teruslah giat dalam mengembangkan pertanian guna memperbaiki ekonomi warga sehingga dapat mengentaskan kemiskinan di Desa Tanjung Prapat ini", himbaunya.



"Kami BPD dan Kades beserta perangkat Desa akan selalu mendengar aspirasi masyarakat selama untuk yang baik dan membangun desa serta perbaikan ekonomi warga", tutup Wasis Nirmawan Ketua BPD.



Iwan/BG






TerPopuler